Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Digital Marketing: Apa itu Pay Per Click (PPC)?

Nataconnexindo.com - Tangerang, Banyak cara untuk melakukan on-line

advertising, baik melalui platform

media sosial, website, atau search engine. Salah satu cara yang terbukti

efektif untuk on line advertising adalah melakukan kampanye iklan

berbayar. Pay Per Click atau PPC merupakan salah satu cara populer dalam

paid advertising. Sebelum memutuskan untuk membayar PPC dalam

mengiklankan produk Anda, ini dia beberapa hal yang harus diketahui.

Apa itu Pay Per Click?

Iklan berbayar Pay Per Click merupakan

sebuah model dimana iklan yang diklik akan dibayar oleh pemasang iklan. Contoh

paling populer dari PPC adalah Google Ads. Mari kita buat sebuah contoh kasus.

Anda dapat memasang iklan di Google Ads dengan key-word spesifik untuk

memasarkan produk atau jasa Anda. Ketika keyword tersebut dicari oleh

pengguna, iklan yang anda pasang akan muncul di jajaran teratas. Kemudian,

seperti namanya Pay Per Click, jika pengguna mengklik ikan tersebut dan kemudian

pengguna tadi dikirim ke website Anda maka klik tersebut akan Anda bayar.

Baca Juga: Bisnis Digital Makin Sukses Dengan Memanfaatkan Data

Jangan khawatir membayar terlalu mahal, karena

biaya yang dikeluarkan realtif kecil, sementara potensi konversi sangat besar.

Jadi jika Anda membayar sebesar Rp. 3000 untuk sebuah klik yang akan mengirim

calon pembeli ke internet siteAnda, maka

calon pembeli tersebut berpotensi menggunakan jasa atau produk yang Anda jual

seharga Rp. 300.000, bukankah hal tersebut masih cukup menguntungkan Anda?

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja Pay Per Click sebetulnya

cukup rumit. Karena keywords yang dipasangkan bersama iklan Anda

kemungkinan besar juga dipasangkan dengan iklan yang lain, maka Anda harus

berjuang agar iklan yang Anda pasang dapat dengan mudah “naik” jika keywords

tersebut dicari oleh pengguna. Setiap kali keywords tersebut diketikan,

maka Google akan mencari iklan yang paling relevan atau paling tinggi

rankingnya dengan keywords tersebut. Ada components khusus yang digunakan

Google untuk menentukan iklan mana yang akan dimunculkan. Google mengurutkan

rating iklan Anda menurut components sebagai berikut:

Where:

CPC = Cost Per Click

Apa itu Cost in step with Click?

Secara sederhana CPC adalah jumlah uang yang

Anda bayarkan according toclick on. Semakin tinggi jumlah yang Anda bayarkan semakin

tinggi juga nilai perkalian dari method AdRank di atas, sehingga iklan Anda

akan naik dengan cepat dalam ranking Google. Namun CPC bukanlah satu-satunya

nilai yang membuat iklan Anda naik “ranking”

Quality Score untuk Mengurangi Biaya Iklan

Anda

Jika Anda mengandalkan CPC untuk menaikan

nilai rangking iklan Anda, maka Anda harus membayar cukup mahal. Namun ada

alternatif lain untuk mengendalikan finances iklan Anda. Memproduksi iklan

dengan Quality Score (QS) yang baik akan sangat membantu dalam menaikan

ranking Google Anda. Membangun konten iklan dengan QS cukup mudah. QS

adalah nilai gabungan dari Click Through Rate, Relevansi konteng dengan Keywords,

dan Landing Page Quality.

Dalam mengetahui dan menggunakan iklan Google Adsense secara lebih baik, Anda dapat mengikuti berbagai artikel yang telah kami rangkum di bawah ini:

Baca Juga Belajar Digital Marketing:

Panduan Lengkap Cara Membuat Google Ads

Apa itu Quality Score (QS)?

Mengenal Lebih dalam Tentang Click Through Rate (CTR)

Cara Memaksimalkan CTR

Keuntungan Bid pada Long Tail Keyword

Apa itu Landing Page

Cara Membuat Ad Group Efektif Iklan PPC

Tips Memaksimalkan Iklan PPC dengan Ad Ekstension

Dengan mengikuti artikel-artikel tersebut, Anda akan mampu meningkatkan performa iklan PPC Anda dan mendatangkan lebih banyak keuntungan. Oleh karena itu, kami mengucapkan selamat belajar Digital Marketing. (ADR)

Posting Komentar untuk "Belajar Digital Marketing: Apa itu Pay Per Click (PPC)?"